Minggu, 11 Maret 2018

ANAK YANG DURHAKA KEPADA ORANG TUANYA


Pada suatu hari, ada ibu dan ayah yang tinggal di sebuah desa, mereka mempunyai anak yang bernama sulis. Sulis adalah anak yang sangat durhaka kepada kedua orang tuanya, ia hanya mempentingkan dirinya sendiri di bandingkan dengan orang tuanya. Pada suatu hari, sulis berteriak kepada ibunya ‘’ibu, ibu, mana makananku aku lapar nih.’’ Ibunya pun menjawab
‘’ia nak makanmu ada di meja’’ jawab ibunya
Sulis pun jalan menuju ke meja makanannya, tak lama kemudian sulis berkata:
‘’loh makanannya kok tempe dan tahu terus bu aku kan juga mau makan- makanan yang enak seperti teman – temanku.’’ Kata sulis.
‘’maaf ya nak, ibu hanya bisa membeli itu saja, kan ibu nggak punya uang untuk membeli makan – makanan yang enak.’’ Jawab ibunya.
‘’ maaf – maaf terus, kenapa sih kita hidup seperti ini, aku sudah capek bu hidp miskin seperti begini.’’kata sulis.
‘’ya, ibu harus bagaimana nak, bapak kan sedang kerja sebagai nelayan juga.’’
Sulis pergi, setelah sulis pergi, datanglah bapak sulis menemui ibunya dan berkata:
‘’ibu, kita harus tegas, kita harus memberinya pelajaran agar tidak keterlaluan lagi.’’ Kata bapak sulis.
‘’nggak usah lah pak ibu nggak apa – apa kok.’’ Jawab ibunya.
‘’apanya nggak apa – apa, ibu terlalu memanjakan sulis, jadi, sifat sulis jadi kayak begitu.’’ Kata bapak sulis.
Keesokan harinya sulis meminta uang kepada ibunya. ‘’ bu aku mau minta uang jajan dong’’
‘’ ibu nggak punya uang nak.’’ Jawab ibunya.
‘’ibu itu ya, setiap aku minta uang pasti jawabannya gak punya uang. Bu aku juga pengen kaya teman – teman setiap hari dikasih uang jajan oleh orangtuanya, bu aku itu capek hidup kaya gini, hidup susah , miskin. Lihat tu semua teman – teman aku itu hidupnya enak, nggak kaya aku.’’
‘’kita harus bersyukur nak.’’ Jawab ibunya.
‘’syukur-syukur, ibu nggak usah deh sok-sok ceramahin aku deh, kalau mau ceramah itu di mesjid, bukann disini. Udah deh aku mau ngumpul-ngumpul sama teman-temanku. Aku males disini.’’ Kata sulis.
‘’nak tinggu, kalau ibu udah punya uang pasti ibu akan kasih sama kamu ya nak.’’ Kata ibunya.
Keesokan harinya, ibu pun bekerja dan ibu sulis pun mndapatkan gajinya sebagai asisten rumah tangga sebanyak 500 ribu sebenarnya 1.000.000 juta, tapi ibu dan bapak menimpannya untuk membelikan makanan enak untuk sulis. Setelah sampai di rumah, sulis meminta uang Dan ibu ppun mengasihkannya 500 ribu. Keesokan harinya sewaktu ibu dan bapak sulis pergi untuk membeli makanan yang enak untuk anaknya. Di jalan, bapak dan ibu dirampok pas waktu di kejar, ibu dan bapak sulis di tabrak. Dan waktu sulis pulang ia encari ibu dan bapaknya karena ia tidak tenang bu,bu.bu pak,pak,pak. Ad tetangga yg mengabari bahwa bapak dan ibu kecelakaan . sulis pun berlari menuju ke ruma sakit  ia menuju ke ruang UGD. Ia pun menunggu dan ia telah mendapat dari dokter bahwa bapak dan ibunya telah meninggal. Sulis pun menangis lalu sholat dan berdoa , pak, bu sulis mau minta maaf karena sulis telah menyushkan bapak dengan ibu . setelah itu sulis telah menjadi anak sholehah dan baik kepada tetangganya.
Pesan moral : janganlah engkau durhaka kepada orang tuamu karena orang tuamu telah membesarkanmu dari kecil hingga besar . dan janganlah kau melantarkan orang tuamu hanya untuk terlihat kaya di mata orang.
BINTANG KAYLANISA
KELAS:VB
SDN:175 KAWARASAN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar